Fadli Zon Dicopot Dari Jabatan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra

Posted by : dpwpetan Juni 6, 2023 Tags : Fadlizon , Partai Gerindra

Jakarta, (AL) – Salah satu konten di media sosial mengeklaim, Fadli Zon dicopot dari jabatan Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra.

Dalam unggahan itu disebutkan, pencopotan dilakukan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto

Namun setelah ditelusuri, narasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Narasi yang beredar

Narasi yang menyebut Fadli Zon dicopot dari jabatan Waketum Partai Gerindra muncul di Facebook, salah satunya dibagikan oleh akun ini.

Akun tersebut membagikan sebuah video berdurasi 14 menit 10 detik pada 18 April 2023 dengan judul:

Dip1mpin Pak Prab0wo L4ngsung, Fadl1 Z0n Di Cop0t Dari Wak3tum Ger1ndra –

Sementara dalam thumbnail video terdapat keterangan demikian:

SEMUA TERKEJUT..!!

PENCOPOTAN FADLI ZON

PRABOWO DAN GERINDRA AKHIRNYA SEPAKAT LAKUKAN INI

Akun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut bahwa Fadli Zon dicopot sebagai Waketum Partai Gerindra
 
Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta dalam video yang beredar tidak ditemukan informasi bahwa Fadli Zon dicopot sebagai Waketum Partai Gerindra.

Narator dalam video hanya membacakan artikel di laman Seword.com ini berjudul “Menyusul Poyuono, Kini Giliran Fadli Zon yang Ditendang Prabowo dari Waketum Gerindra”.

Tidak seperti judulnya, artikel tersebut justru lebih banyak membahas mengenai tagar #TenggelamkanGerindra yang sempat trending di Twitter. 

Sementara, beberapa klip dalam video tidak terkait dengan narasi bahwa Fadli Zon dicopot sebagai Waketum Partai Gerinda.

Salah satu klip yang menampilkan Fadli Zon tengah diwawancarai Aiman Witjaksono identik dengan video di YouTube Kompas TV ini.

Dalam video yang diunggah pada 2019 itu Fadli Zon mengomentari wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Menurutnya wacana tersebut sangat berbahaya, sebab bisa membuka kotak pandora mengenai dasar negara dan bentuk negara. Ia khawatir wacana seperti itu akan merusak kondisi negara.

Sampai saat ini tidak ada informasi kredibel bahwa Fadli Zon dicopot dari jabatan Waketum Partai Gerindra.

Pada laman resmi Partai Gerindra, Fadli Zon tercatat sebagai Waketum Bidang Politik Dalam Negeri, Hubungan Antar Partai dan Pemerintah. 

Kesimpulan

Narasi soal pencopotan Fadli Zon dari jabatan Waketum Partai Gerindra adalah hoaks. Judul video yang beredar tidak sesuai dengan isinya.

Narator dalam video justru lebih banyak membahas mengenai tagar #TenggelamkanGerindra yang sempat trending di Twitter.

Sampai saat ini Fadli Zon masih tercatat sebagai Waketum Bidang Politik Dalam Negeri, Hubungan Antar Partai dan Pemerintah DPP Partai Gerindra. (Dilansir dari Kompas.com)

RELATED POSTS
FOLLOW US