Pemudik Lebaran ke Jatim Diprediksi Capai 21,3 Juta, Begini Persiapan Khofifah

Posted by : dpwpetan Juni 6, 2023 Tags : Khofifah Indar Parawansa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memprediksi jumlah pemudik ke Jatim pada Lebaran 2023 mencapai 21,3 juta orang.

“Prediksi itu meningkat dari semula yang diperkirakan sebanyak 18,1 juta orang yang mudik menuju Jawa Timur,” kata Khofifah, Senin (10/4/2023), dikutip dari Antara.

Menurut dia, tingginya jumlah pemudik itu sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo bahwa Jawa Timur merupakan salah satu tujuan utama para pemudik pada Lebaran 2023.

“Berarti ada tambahan pemudik 3,1 juta orang. Itu artinya proses untuk bisa melakukan berbagai hal yang bisa mengurangi kemungkinan kemacetan di titik-titik tertentu tentu harus dilakukan secara lebih komprehensif lagi,” tuturnya.

Dalam upaya memberikan layanan yang maksimal bagi pemudik, Khofifah akan melakukan berbagai persiapan untuk memberikan layanan transportasi publik yang aman dan nyaman dengan berbagai infrastruktur yang telah disiapkan.

“Salah satunya adalah Tol Paspro, Pasuruan menuju Gending itu yang diharapkan bisa memberikan layanan pada saat mudik lebaran nanti,” katanya.

Mantan Menteri Sosial itu juga mengimbau semua pihak agar bersinergi dalam memberikan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan selama mudik Lebaran 2023, termasuk bagi pengguna jalan agar dapat menggunakan jalan dengan tertib berlalu lintas.

“Kami berharap bahwa apa yang kami lakukan dapat memberikan layanan kepada para pemudik saat Lebaran sekaligus cuti bersama maka semua elemen masyarakat tentu diharapkan bisa tetap menjalankan tertib lalu lintas, agar bisa mudik dengan bahagia bersama keluarga,” ujarnya.

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik tahun ini di jalan tol Jatim terjadi pada tanggal 19 April 2023. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi dua kali, yaitu pada tanggal 25 April dan 1 Mei 2023.

General Manager Jasa Marga Surabaya – Gempol, Dominicus Hari Pratama menyatakan siap melayani pemudik di jalan tol wilayah Jawa Timur (Jatim), di antaranya mengantisipasi antrean panjang kendaraan pemudik di sejumlah pintu tol yang menjadi simpul kemacetan.

Jalan tol Trans Jawa di wilayah Jatim terdiri dari rute Surabaya – Gempol, Surabaya – Mojokerto, Pasuruan – Probolinggo, Gempol – Pasuruan, Pandaan – Malang dan Ngawi – Kertosono – Kediri.

“Salah satunya yang kerap dipadati kendaraan pemudik adalah di pintu tol Kejapanan, Pasuruan, yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa Surabaya – Gempol. Selama 24 jam atau sehari pada puncak arus mudik tahun lalu tercatat dilintasi sebanyak 285 ribu kendaraan,” katanya di Surabaya, dilansir dari Antara, Rabu (5/4/2023).

“https://www.liputan6.com/surabaya/read/5257604/pemudik-lebaran-ke-jatim-diprediksi-capai-213-juta-begini-persiapan-khofifah”

RELATED POSTS
FOLLOW US